Translate

Wednesday 5 April 2017

APA ITU DIABETES (Penyakit Gula ) (penyakit kencing manis )

DIABETES (PENYAKIT KENCING MANIS)

      Diabetes ( penyakit kencing manis ) .Diabetes atau Diabetes militus (DM) ,dalam bahasa latin artinya rasa manis kalau di indonesia dikenal dengan sebutan kencing manis /penyakit gula dimana kadar glukosa di dalam darah meningkat karena tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin(Insulin adalah sejenis hormon yang di produksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah) secara cukup bisa di artikan air seni / air kencing bagi pengidap diabetes rasanya manis karena mengandung banyak gula .
Sebelum masuk ke artikel tentang diabetes ada baeknya kita mengetahui apa arti
       Banyak masyarakat kita berfikir kalau diabetes itu berarti kita tidak mengkonsumsi gula lagi ?tanggapan itu tidak sepenuhnya benar DR.Tommy p sibuea mengatakan bahwa " semua boleh dimakan ,yang membedakan ukurannya contoh orang sehat biasanya makan kue  1 lusin penderita diabetes cukup 1 saja yang penting sudah mencicipi"menurutnya salah satu kesulitan pasien adalah mengatur porsi / pola makan .Nah tanggapan ini bisa menjadi edukasi buat anda apabila terkena penyakit DM .
      KENAPA BISA PENYAKIT DIABETES ?sebelum masuk ada bagusnya kita mengenal beberapa diabetes menurut type nya berikut penjelasannya :


DIABETES TYPE I
       Diabetes tipe 1 biasanya terjadi di bawah umur 30 tahun  ,  organ pankreas pada tubuh penderita tidak bisa memproduksi insulin sama sekali. Sehingga, untuk bertahan hidup, penderita bergantung pada pemberian insulin dari luar melalui suntikan. Karena itu, diabetes mellitus tipe I ini juga dikenal dengan istilah Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Faktor penyebab Diabetes mellitus tipe I adalah infeksi virus atau reaksi auto-imun (rusaknya sistem kekebalan tubuh), yang merusak sel-sel penghasil insulin. Biasanya, gejala diabetes tipe 1 muncul mendadak, seperti tiba-tiba sering cepat merasa haus, sering buang air kecil (pada balita sering mengompol), badan menjadi kurus, dan lemah
  1. PENYEBAB DIABETES TYPE I
  • Faktor keturunan merupakan faktor pemicu utama diabetes yang telah diketahui. Risiko seseorang untuk terkena diabetes tipe I akan sedikit lebih tinggi jika ada keluarga inti (ibu, ayah, atau saudara kandung) yang mengidap penyakit yang sama
  • Virus. Ada salah satu teori yang mendeskripsikan bahwa terdapat sejumlah yang diduga merangsang respons autoimun yang akan menyerang sel-sel yang terinfeksi beserta sel-sel beta dalam pankreas. Misalnya, enterovirus, virus Epstein-Barr, virus rubella, rotavirus, serta virus gondongan.
  • Obat-obatan dan senyawa kimia. Terdapat sejumlah obat atau senyawa kimia yang dipercaya bisa menghancurkan sel-sel pankreas, yaitu pyrinuron serta strepzotocin.
  • Gluten. Salah satu protein dalam gluten, yaitu gliadin, diduga berpotensi memengaruhi perkembangan diabetes tipe I.
       PENGOBATAN DIABETES TYPE I
Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe I tidak mampu memproduksi insulin sehingga penderita harus menerima suplai insulin tiap hari.cara pemberian insulin dengan menggunakan suntikan
Di samping penanganan medis, menerapkan gaya hidup sehat juga dapat membantu dalam menangani diabetes tipe I. Contohnya dengan melakukan diet rendah karbohidrat, olahraga yang cukup, serta menghindari stres.
     2. DIABETES TYPE II
    Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin yang relatif dibandingkan kadar gula darah.Gejala pada diabetes tipe II juga bisa ditandai dengan proses penyembuhan luka yang terbilang lambat atau rasa nyeri maupun mati rasa di kaki.Nah banyak yang tidak menyadari  gejala tersebut apabila menemukan gejala tersebut anda dapat membawa ke rumah sakit untuk diberi perawatan .Gejala diabetes type II biasanya diatas umur 30 tahun
Penderita diabetes tipe II tidak mutlak memerlukan suntikan insulin karena pankreasnya masih menghasilkan insulin, tapi kerja insulin menjadi tidak efektif karena di dalam tubuh tengah terjadi resistensi insulin atau penurunan kemampuan hormon insulin menurunkan kadar gula darah.

PENYEBAB DIABETES TYPE II
     
  • Faktor keturunan merupakan faktor pemicu utama diabetes yang telah diketahui. Risiko seseorang untuk terkena diabetes tipe 1 akan sedikit lebih tinggi jika ada keluarga inti (ibu, ayah, atau saudara kandung) yang mengidap penyakit yang sama
 Diabetes type II tersebut biasanya ditemukan dengan orang orang yang memiliki berat badan berlebih dan kurang gerak fisik.Pola hidup yang tidak aktif banyak memicu terjadinya penyakit ini. Itulah sebabnya diabetes tipe II sejak dahulu biasa ditemukan pada orang-orang dewasa. Tapi sekarang, jumlah penderita diabetes tipe II pada anak-anak juga mulai meningkat.















       PENGOBATAN DIABETES TYPE II

        Tujuan pengobatan adalah untuk mempertahankan keseimbangan kadar gula darah dan mengendalikan gejala untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi. maka dari itu anda harus 

  • Konsumsi makanan sehat 
ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna
  • Olahraga
ilustrasi gambar olah


  • Diet menurunkan berat badan 


    Ilustrasi gambar diet


  
Diabetes termasuk penyakit kronis jangka panjang yang tidak dapat disembuhkan. Sekali Anda terkena diabetes, maka Anda harus hidup dengan penyakit ini selama sisa usia Anda. Maka dari itu, hindarilah penyakit diabetes dengan beberapa upaya di atas selagi Anda bisa. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Silahkan baca tentang makanan yang bisa memicu kanker ( klik disini )

0 comments:

Post a Comment