Translate

Friday 21 April 2017

MENGENAL KANKER SERVIKS YANG DIALAMI JULIA PEREZ

MENGENAL KANKER SERVIKS 



      Sekarang kita membahas tentang penyakit KANKER SEVIKS,tentu ini jadi perbincangan dikalangan masyarakat perihal terjadi pada salah satu artis yang cukup terkenal yaitu Julia perez .Kanker merupakan penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali sedangkan Kanker Serviks merupakan sesuatu penyakit Kanker pada wanita yang menyerang leher rahim wanita,Leher rahim merupakan bagian reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dan rahim atau uterus.
Ilustrasi Julia perez

BEBERAPA PENYEBAB KANKER SERVIKS YAITU :

     MEROKOK 

    Rokok merupakan  silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya.rokok mengandung zat kimia yang merusak DNA dan sel jaringan serviks perokok aktif dan pasif dua kali terbesar dapat terkena penyakit kanker serviks

INFEKSI  HPV (HUMAN PAPPILOMA VIRUS)


     HPV adalah sekumpulan gabungan  virus yang menginfeksi manusia pada sel epitel di kulit dan membran mukosa (salah satunya adalah daerah kelamin), dan dapat menyebabkan keganasan. Virus ini memiliki type yang sangat banyak, hampir 100 tipe HPV sampai saat ini berhasil di-identifikasi. Tipe HPV 16 dan 18 diketahui sebagai penyebab 70% dari kasus keganasan di serviks/leher rahim wanita. Tipe HPV 6 dan 11 diketahui sebagai penyebab dari 90% kasus kutil kelamin (Condyloma accuminatum). Cara penularan-nya terutama melalui kontak atau hubungan seksual. Tidak terbukti penularan dari kolam renang, maupun dari tempat duduk toilet atau penggunaan WC umum.
Infeksi HPV adalah penyebab utama kanker pada organ genitalia wanita seperi serviks, vagina, endometrium dan ovari.

BERGONTA GANTI PASANGAN ( SEKS BEBAS)

     virus HPV yang menyebabkan infeksi pada leher rahim ditularkan melalui hubungan seksual.
bergonta ganti pasangan juga akan mengakibatkan beberapa penyakit yaitu Herpes genital,Sifilis,Kencing nanah,Klamidia,Kutil dikelamin,Kanker serviks,HIV,dan Trichomoniasis

KURANGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR
    Buah dan  Sayur dan buah mengandung antioksidan yang merupakan penangkal infeksi dan radikal bebas, serta berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh.

KELEBIHAN BERAT BADAN

   Wanita yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko yang lebih tinggi mengidap adenokarsinoma kanker.

KONTRASEPSI ORAL (PIL KB)

   Wanita yang rajin mengkonsumsi kontrasepsi oral atau pil KB dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari lima tahun beresiko dua kali lebih besar mengidap kanker serviks.

KEHAMILAN 
     Sekitar tahun 2009, penyakit kanker serviks, yang memang menempati urutan pertama penyakit pembunuh jutaan wanita di dunia, menyerang sekitar 11000 wanita di Amerika Serikat, dan 4000 diantaranya berujung kematian. Kanker serviks ini menyerang serviks yang berada tepat di bawah uterus atau kandungan.
    Wanita yang pernah hamil lebih dari 3 kali semasa hidupnya juga memiliki resiko yang lebih besar mengidap kanker serviks. Hal ini disebabkan karena sistem hormonal yang berubah-ubah dan lemahnya sistem kekebalan tubuh disaat kehamilan.
     Kemungkinan wanita hamil terserang kanker serviks sama besarnya dengan wanita yang tidak hamil. Jika wanita hamil didiagnosa mengidap kanker serviks, tindakan penanganan yang harus diambil akan sangat tergantung pada usia kehamilannya., dan kemungkinan terburuknya adalah mengangkat janin yang sedang dikandung.Sedangkan seorang wanita yang positif mengidap kanker serviks, kemungkinan untuk hamil hampir tidak ada, karena tahap tertentu perawatan dan penangan kanker serviks mengharuskan dilakukannya pengangkatan rahim.

RIWAYAT KELUARGA 
   Sama halnya dengan kanker payudara , kanker ini juga diturunkan secara genetis. Jika seorang wanita mempunyai ibu atau saudara perempuan yang mengidap kanker serviks, maka ia meiliki resiko 2 – 3 kali lebih besar untuk mengidap kanker serviks.Hal ini disebabkan karena faktor ketidakmampuan tubuh dalam menangkal infeksi virus HPV dapat diturunkan pada generasi selanjutnya.

GEJALA PENYAKIT KANKER SERVIKS 

  • FLEK ATAU PENDARAHAN DILUAR JADWAL MENSTRUASI 

   Datang tidak pada periode haid,terjadi pada saat berhubungan badan,terjadi setelah masa menopause terdapat campuran keputihan di darah,dan masa haid yang jauh lebih lama dari pada biasanya.Jika hal ini terjadi langsung saja konsultasikan pada dokter spesialis kandungan anda untuk mengetahui lebih detil mengenai masalah ini.

  • RASA SAKIT SELAMA BERHUBUNGAN INTIM

      Jika anda tidak “seperti biasanya” saat melakukan hubungan suami istri dan cenderung sangat sakit tanpa sebab yang berarti. Pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait agar memeriksakan masalah terkait. Kecenderungan rasa sakit selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor yang paling tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks

  • NYERI DISEKITAR PINGGUL


  • KEHILANGAN NAFSU MAKAN
  • PENDARAHAN PASCA MENOPAUSE

    Ketika memasuki masa menopouse wanita tidak lagi menstruasi jika terjadi pendarahan di pasca menopause maka dicurigai darah itu berasal dari kanker serviks
  • KEPUTIHAN YANG ABNORMAL

    Keluarnya darah lendir atau nanangh pada saat keputihan merupakan ciri dari kanker serviks 
  • PENDARAHAN MENSTRUASI YANG LEBIH PANJANG DAN LEBIH BERAT DARI BIASANYA

      Anda mungkin mengalami masa menstruarsi yang ‘banyak’ pada haris pertama sampai dengan hari ketiga. Namun Jika anda terus ‘banyak’ sampai beberapa hari bahkan berminggu, anda sudah harus curiga dengan penyakit mematikan ini, setidaknya anda mulai melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah itu adalah salah satu gejala kanker serviks
  • MUDAH MENGALAMI PATAH TULANG

  • NYERI KAKI DAN BENGKAK PADA KAKI

  • KELUAR CAIRAN URIN ATAU FASES DARI JALAN LAHIR

KANKER SERVIKS STADIUM LANJUT 

        Jika kanker menyebar keluar dari leher rahim, menyebar hingga ke jaringan atau organ sekitarnya, dapat memicu gejala:

- Sembelit
- Ada darah dalam urin Anda (hematuria)
- Kehilangan kontrol kandung kemih (urinary incontinence)
- Nyeri tulang
- Pembengkakan pada salah satu kaki.
- Nyeri parah di sisi tubuh atau di bagian belakang akibat pembengkakan ginjal, terkait dengan kondisi yang disebut hidronefrosis.
- Kehilangan selera makan
- Penurunan berat badan
- Sering lelah dan kekurangan energi.

 Apabila anda merasa masuk dalam kategori  ciri ciri kanker serviks maka segeralah periksa ke dokter spesialis atau ke rumah sakit .

SEMOGA ARTIKEL SAYA BERMANFAAT

BACA JUGA TENTANG MAKANAN PEMICU KANKER (KLIK DISINI)


0 comments:

Post a Comment