Translate

Sunday 23 April 2017

11 MAKANAN TINGGI GULA

      11  MAKANAN TINGGI GULA



      GULA adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.tetapi apabila   kadar gula tinggi dapat mengakibatkan  beberapa  faktor risiko terkena penyakit, mulai dari obesitas, diabetes hingga kanker. Mengonsumsi makanan rendah gula, karbohidrat, dan sodium adalah menyehatkan. Namun, ada banyak label yang menyesatkan dan berbagai macam pendapat simpang siur tentang apa yang disebut sebagai "makanan sehat"Tingginya kadar gula dan atau karbohidrat dapat bersembunyi dalam beberapa makanan yang tak terduga, terutama yang dijual sebagai makanan "kesehatan".Kenali beragam jenis makanan dengan kadar gula tinggi di sekitar Anda berikut daftar makanan tinggi gula :

1.   GULA / PEMANIS LAEN

     Saat ini telah ada beragam pemanis alternatif – yang tidak bisa dipungkiri juga memiliki kadar gula tinggi. Brown sugar, misalnya, memiliki kandungan 97 persen gula. Madu memiliki kandungan gula sebanyak 82 persen, sementara sirup sebesar 75 persen.  Jika harus memilih pemanis alami, maka pilihlah gula tebu yang memiliki 55 persen kadar gula.

2.    SUSU 
    Salah satu minuman "kesehatan" yang paling menyesatkan adalah susu. Ini berkaitan dengan fakta saat kita masih kanak-kanak dianjurkan minum susu untuk mendapatkan kalsium harian agar tulang tumbuh dengan kuat. Namun setelah dewasa, jika masih minum susu, berarti mengonsumsi gula sebanyak 12 gram gula dalam 1 cangkir susu tanpa olahan atau tanpa lemak. 
    Ada berbagai macam alternatif lain untuk menggantikan susu, misalnya susu kedelai atau almond. Namun perlu disadari bahwa kedua susu ini juga mengandung banyak gula, meskipun lebih sedikit dari susu sapi, kecuali jika mengonsumsi varietas tanpa pemanis.
    Susu kedelai tanpa pemanis mengandung sekitar 1 gram gula per cangkir dibandingkan susu kedelai manis yang mengandung sekitar 7 gram. Ada juga cara alternatif untuk mendapatkan kalsium seperti makan lebih banyak brokoli.

3.   MINUMAN SACHET ATAU SODA 
   Cek labelnya untuk mengetahui besarannya, dan jika ada, pilih yang rendah gula. Minuman bersoda biasanya mengandung 11 persen gula, namun yang menjadi masalah adalah ia mengandung sekitar 38 gram gula dalam setiap 12 oz. Soal ini, porsi adalah sesuatu yang menentukan

4.   YOGURT
     Yogurt dengan berbagai macam rasa mungkin mengandung 20 gram gula atau lebih.Dalam jangka panjang, mengonsumsi yogurt yang berkadar gula tinggi akan menambah berat badan yang tidak perlu dan berkontribusi terhadap timbulnya diabetes tipe II. Lebih baik mengonsumsi yoghurt tanpa rasa yang mengandung paling banyak 7 gram gula dan menambahkan kayu manis atau penutup lainnya seperti irisan pisang atau apel cincang.

 5.  APAPUN YANG BERHUBUNGAN DENGAN "OSA"
     Sejauh ini kita fokus pada makanan yang mengandung terlalu banyak gula, namun makanan olahan dan pemanis buatan juga sama buruknya. Sirup jagung fruktosa tinggi adalah salah satu contoh. Sirup ini ditemukan sebagai alternatif pemanis buatan, hanya masalahnya pemanis jenis ini tidak diproses dengan benar di dalam liver dan akan berubah menjadi lemak.
     Sebagian besar pemanis yang berakhir dengan kata "-osa" seperti fruktosa, laktosa, dekstrosa, sama dengan gula. Siapapun yang menderita diabetes harus mengetahui hal ini dan dokter juga pasti menyarankan hal yang sama, untuk menjauh dari gula termasuk pemanis buatan.
       Maltodekstrin merupakan pengecualian dari jenis "-osa" di atas, tetapi juga mempunyai masalah yang sama. Banyak snack batangan "non-gula" mengandung pemanis jenis ini. Selain menyebabkan sering ke kamar mandi (dapat menyebabkan diare), maltodekstrin mungkin benar-benar memiliki efek buruk pada gula darah, bahkan mungkin lebih buruk daripada gula biasa.

6.  ROTI,BISKUIT DAN PIE

    Roti mengandung gula berlebihan (mungkin 3 - 5 gram per porsi), karena mengandung karbohidrat. Roti dalam jumlah yang cukup, biasanya tidak apa-apa, namun, banyak orang mengonsumsi roti secara berlebihan karena sekarang banyak ditemukan berbagai jenis roti, seperti hamburger, sandwich, pizza, roti panggang, dan sebagainya.
 Jadi pikirkan kembali saat ingin mengonsumsi beberapa makanan cepat saji atau makan dua potong sandwich. Sebagai alternatif beberapa tempat menawarkan pilihan atau menu rahasia.

7.   SAUS BBQ DAN KECAP

    Saus BBQ umumnya sarat dengan natrium dan juga mengandung jumlah gula hingga 9 gram atau lebih per porsi. Kecap bisa sama buruknya, jadi waspadalah.
    Sebagai alternatif, gunakan mustard. Namun jika mengoleskannya secara penuh tidak hanya sebagai penutup daging, sehingga bisa menyebabkan tinggi natrium. Periksa label dengan hati-hati atau cobalah membuat olesan sendiri dengan bahan alternatif yang sehat.

8.   ES KRIM DAN MILK SHAKES
    Nyatanya, rata-rata es krim dapat memiliki kandungan gula hingga 26 persen, di mana dalam setengah scoop es krim terkandung  14 gram gula di dalamnya. Sementara, milk shakes mengandung 23 persen gula, di mana dalam setiap 16 oz milkshake terkandung 84 gram gula.
    Selain contoh-contoh di atas, masih banyak produk yang - jika diteliti - memiliki kandungan gula tinggi. Mulailah lebih waspada dan memerhatikan label kandungan dalam setiap kemasan makanan atau minuman yang hendak dibeli. Plus, waspadai kombinasinya. Kue plus cola plus es krim bukanlah ide bagus

9.   SALAD DRESSING
    Sereal sebenarnya mengandung hampir 90 persen karbohidrat yang oleh tubuh akan diubah dengan cepat menjadi gula. Sereal juga terbuat dari beras putih olahan, yang dalam daftar diabetes menyebabkan kenaikan pesat dalam kadar gula darah.

10.  KENTANG

     Kentang merupakan bahan yang paling sering diolah sebagai makanan, misalnya kentang campur daging goreng, kentang goreng, kentang tumbuk, kentang panggang, dan kentang masak keju. Kesemuanya mengandung banyak zat pati dan karbohidrat, belum lagi mengandung minyak, mentega, atau krim asam dalam jumlah besar. Hindari mengolah kentang dengan cara-cara di atas.

11.  PERMEN 

    Permen buah bisa memiliki kadar hingga 81 persen, sementara permen karet dan permen keras memiliki kadar gula sekitar 63 persen.

Menghindari lebih baek dari pada mengobati merupakan semboyan yang baek buat menjaga kesehatan ,apapun itu artikel ini saya buat untuk anda mengetahui dan semoga bermanfaat.

baca juga tentang DIABETES ATAU PENYAKIT GULA ( KLIK DISINI )

0 comments:

Post a Comment