Translate

Tuesday 11 April 2017

BAYI REWEL ?KOLIK SALAH SATU PENYEBABNYA

KOLIK 

    Pada umumnya para ibu pasti binggung kenapa bayi rewel beberapa hal itu dikarenakan karena Kolik, Kolik adalah  ganguan pencernaan,masuk angin, usus yang sensitif terhadap jenis protein tertentu, serta gula dalam susu formula,untuk lebih pastinya kolik 

   Kolik bukanlah gelaja penyakit yang serius ,Bayi yang mengalami kolik biasanya menangis lebih dari 3 jam sehari selama setidaknya 3 hari seminggu ,dan dapat berlangsung 3 minggu atau lebih.


      Bayi terkena kolik biasanya saat menangis, wajah memerah, tangan mengepal, kaki diangkat, dan lutut ditekuk ke arah dada, seolah-olah menahan sesuatu yang tidak nyaman di perut.

    Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu bayi adalah apabila ibu bayi mengunakan susu formula hindari penggunaan susu sapi pada susu formula ,biasanya dokter menyarankan susu kedelai,dalam pemberian asi harus sesuai tata cara  memberikan asi yang baek ,dalam arti bayi pada umumya dalam menyusui akan  menelan udara,udara yang tertelan dan sulit dikeluarkan itu menyebabkan kolik.

      Untuk para ibu yang menggunakan ASI hindarilah makanan yang dapat menghasilkan gas seperti kacang merah, kubis, brokoli, bawang, kafein, kacang merah, dan sebagainya,hindari juga mengkonsumsi kopi,teh dan makanan pedas.

 CARA PENANGANAN BAYI KOLIK 

        ➤  Memijat perut bayi dengan lembut.

       ➤  Mengendong bayi dan selimuti kain  atau menggunakan ayunan bayi

        ➤  Mandikan bayi dalam air hangat.

        ➤  Membawanya ke kamar yang tenang, sejuk, dengan pencahayaan redup mungkin       
               dapat    membantu membuatnya lebih tenang.
     
        ➤  Berikan dot atau empeng untuk menenangkan bayi.
       
        ➤  Memberikan minyak khusus bayi untuk menenangkan perut bayi .

      Perlu diperhatikan dalam penanganan kolik pada bayi ,sang ibu harus sabar dan mengontrol emosi karena bayi kolik pada umumnya rewel .Apabila ada gejala yang mengawatirkan lebih baek bawa keruma sakit atau ke dokter untuk diberi penanganan lebih lanjut . 

SEMOGA ARTIKEL SAYA BERMANFAAT

baca juga tentang ASI Baek untuk Bayi ( Klik disini)



       

0 comments:

Post a Comment