Translate

Friday 14 April 2017

7 HAL UNIK YANG DILAKUKAN MANUSIA DENGAN PLASENTA

 7 HAL UNIK  YANG DILAKUKAN 
MANUSIA DENGAN PLASENTA BAYI

ilustrasi plasenta

      Pasti sebagian pembaca bingung bila menemukan kata plasenta,dalam masyarakat kita ini bisa disebut dengan ari ari, tali pusar,tali pusat dan ada yang menyebutnya dengan tembuni,kata kata ini bisa terjadi karena mungkin adanya begitu banyak suku dan beragam bahasa yang membedakan nama ini walaupun arti tetap sama ,tapi saya sebagai warga indonesia tetap bangga dengan banyaknya suku di indonesia dan ini juga yang mempersatukan kita bukan? supaya tidak bertele tele disini saya jelaskan apa itu plasenta?

       Plasenta bayi atau Ari Ari merupakan suatu organ yang berfungsi memberikan oksigen dan nutrisi bagi pertumbuhan perkembangan bayi.Jadi disini peran pelasenta sangat penting dalam perkembangan bayi di  dalam kandungan .Plasenta memiliki diameter rata rata 22 cm berat rata rata 470 gram dan mempunyai ketebalan 2,5 cm.

      Plasenta bayi terbentuk usai kehamilan 3 minggu,plasenta biasanya terletak pada bagian atas rahim jika terdapat dibawah dinamakan  plasenta previa,nah disini saya jelaskan hal unik yang dilakukan manusia dengan  plasenta .

      Hal hal unik tentang plasenta


1.   Sebagian masyarakat di Indonesia  Plasenta bayi atau ari ari tersebut dicuci ,didoakan,dan  dikuburkan  dengan memasukkan buku,bolpoint,kosmetik atau apapun itu bertujuan untuk kedepan si bayi akan bisa pintar atau sesuai kemauan ibu maunya apa .setelah itu diatas kuburan itu akan diberikan lampu ditutupi dengan ember atau alat penutup laennya.kalau menurut kepercayaan sebagian masyarakat indonesia plasenta dapat dikatakan dengan kembaran si bayi.
ilustrasi kuburan plasenta bayi
2.   Menurut Bidan DINA WARANCH Amerika serikat ,plasenta dapat dimakan untuk mengurangi resiko pendarahan ,mengatur hormon,menurunkan resiko depresi akibat melahirkan,dan meningkatkan produksi ASI.mengkonsuminya dengan mengolah sebagai smoothies dan lasagna.
ilustrasi smoothies
ilustrasi lasagna
3.  Menurut penelitian  plasenta dan tali pusat terdapat sebuah stem cellStem Cell bermanfaat sebagai bibit kloning untuk penyembuhan berbagai ragam penyakit metode pengobatan dengan memanfaatkan sel induk (sel inti) darah di tali pusar (tali pusar) yang terhubung dengan ari-ari.Sel induk merupakan salah satu bahan untuk pengobatan penyakit leukemia, gangguan asma, mata, atau pembusukan luka. Bisa digunakan untuk penyembuhan saudara kandung dengan transplantasi sel induk.


4.    Menurut Beberapa perusahaan seperti Mila Skin Care, Shiseido dan EMK Placental Botanical Skincare, memakai plasenta sebagai bahan dari produk perawatan kulit mereka. Plasenta ini diklaim memiliki manfaat menenangkan, kaya antioksidan, protein dan asam amino sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih muda.


5.   Plasenta bayi dijadikan lukisan ,Tree of Life Placenta Services yang ada di Oregon, AS. Lukisan ini menurut Tree of Life, merupakan salah satu bentuk penghargaan pada kehidupan yang telah diberikan untuk bayi.
ilustrasi lukisan 
6.  Dalam situs Foxnews.com pernah membahas tentang plasenta bisa membuat awet muda tapi  menurut dokter  Manny Alvarez dalam situs Foxnews.com belum ada bukti ilmiah tentang makan ari ari bisa awet muda dan lanjutnya selama bertahun-tahun, saya telah mendengar bahwa beberapa pasien meminta plasenta mereka, meskipun saya sendiri belum pernah memiliki pengalaman ini dalam praktek saya sendiri," ujar sang dokter. "Namun tren yang berkembang adalah meningkatnya jumlah ibu baru melahirkan yang ingin memakan plasenta mereka sendiri.

7 .   Ada pun beberapa opini masyarakat   plasenta dipakai juga sebagai obat alternatif bagi bayi bila terserang sakit. Tali pusar yang dibiarkan mengering kemudan dipakai sebagai ramuan.

     Menurut studi ilmiah yang ada tidak ada manfaat sehat seorang ibu mengonsumsi plasenta. Hal ini terungkap dalam jurnal Archives of Women's Mental Health yang diterbitkan pada Oktober 2015.Dari 7 Hal unik diatas semua dikembalikan kepada anda karena semua penilaian dikembalikan  kepada kepercayaan anda masing masing.

SEMOGA ARTIKEL SAYA BERMANFAAT

Baca juga tentang fakta mitos ibu hamil (klik disini)

0 comments:

Post a Comment